"Tidak ada alasan untuk tidak menuntut ilmu,tidak ada alasan untuk tidak taat kepadaMU,waktu ku banyak sia-sia,sedangkan nikmatMu terus mengalir,aku malu".Rasnal H.Bisnu

Minggu, 12 Mei 2013

Yuukk Jadi Mahasiswa Kreatif


Masa-masa mahasiswa adalah masa-masa yang bahagia dan menyenangkan karena tidak setiap orang berkesempatan untuk dapat menikmati duduk di bangku kuliah. Karena memasuki gerbang kuliah tidak sedikit merogoh kocek yang keluar dari kantong agar dapat menikmati masa menjadi siswa yang “maha”.

Masa-masa mahasiswa adalah masa-masa pencarian dan pemantapan jati diri. Pada masa ini banyak diantara mahasiswa yang mencoba berekspresi berbagai cara seperti mengikuti forum diskusi, training-training, kursus dan berorganisasi sebagai sarana pengembangan bakat dan minat.

Masa-masa mahasiswa adalah masa-masa dimana diri merasa telah dewasa dan berhak untuk menentukan jalan hidupnya sendiri dengan membebaskan diri berfikir dan beraktifitas, bahkan saking bebasnya beraktifitas dan berekspresi terkadang-disengaja maupun tidak-menyalahi norma-norma yang berlaku di masyarakat atau bahkan agama.
Masa-masa mahasiswa adalah masa dimana diri digembleng agar menjadi diri yang berintelektual dan bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun bagi masyarakat. Bermanfaat bagi dirinya sendiri berarti ia mampu bersaing dengan orang lain ketika ia lulus dari bangku kuliah, kalau bisa langsung dapat pekerjaan di tempat yang bergengsi. Sementara bermanfaat bagi masyarakat berarti ia mampu menjadi agent of change dalam rangka memperbaiki “nasib” masyarakat yang terpinggirkan. Tidak heran banyak mahasiswa yang idealis dan pro dengan rakyat, mereka berdemo mengatasnamakan “kepentingan rakyat”.
Dengan bekal belajar dibangku kuliah dalam hitungan waktu yang relatif lama, sudah barang tentu masyarakat, orang tua maupun handaitaulan mempercayai bahwa mahasiswa yang lulus, siapapun dia, telah dibekali dengan ilmu yang cukup.

Namun semua itu tidak akan berjalan lancar kalau kita tidak mengetahui strategi maupun cara untuk menjadi mahasiswa yang menyenangkan. Senang karena banyak pengalaman, senang karena banyak teman dan senang karena langsung dilirik oleh perusahaan karena skill yang kita miliki.

Cara yang terbaik untuk dapat mencapai itu semua tidak lepas dari daya kreasi yang dimiliki oleh mahasiswa. Kita mungkin banyak melihat mahasiswa yang kreatif, kuliah sambil bekerja walau terkadang sebagian mereka hanya iseng-iseng, hanya mencari pengalaman meski penghasilan pas-pasan. Kita juga mungkin melihat banyak diantara mahasiswa yang hari-harinya dilalui di organisasi, ia aktif berorganisasi agar kelak ketika ia keluar dari kampus sudah ada pengalaman dan relasi yang telah dibangun untuk diajak kerjasama.
Dan masih banyak contoh lain yang dapat kita jadikan pelajaran agar kita terus menerus mengembangkan daya kreatifitas kita. Bukankah banyak perusahaan-kalau kita renungi dalam konteks usaha- yang besar berawal dari kreatifitas?. Kita mungkin pernah mendengar semboyan “inovasi atau mati’, “idenya siapa?”, “inovasi tiada henti” dan masih banyak slogan yang intinya bagaimana ia mampu mengkreasikan produk sebagus mungkin sebagai daya tarik dalam penjualan.



Bersambung...
By.Rasnal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar