"Tidak ada alasan untuk tidak menuntut ilmu,tidak ada alasan untuk tidak taat kepadaMU,waktu ku banyak sia-sia,sedangkan nikmatMu terus mengalir,aku malu".Rasnal H.Bisnu

Senin, 13 Mei 2013

Yuuk Jadi Mahasiswa Kreatif (2)


Kreatif berarti kemampuan menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang membawa sifat baru atau mengkombinasikan ide maupun metode lama dengan cara  yang baru. Kreatif di sini bermakna membuat sesuatu yang sifatnya orisinil maupun mengkombinasikan sesuatu dengan yang lain agar lebih baik. Kegiatan berfikir ini lebih ditekankan dengan cara berimajinasi terhadap sesuatu melalui melihat perubahan dan perkembangan yang terkini. Dengan daya kreatif, bagi siapapun, akan memudahkan mencari solusi-solusi dalam memecahkan masalah walau tidak lazim dan tidak terpikirkan oleh orang lain.
Sebelum mengenal lebih dalam tentang kreatif maka perkenankanlah saya untuk menjelaskan sedikit tentang struktur yang terdapat dalam otak kita. Sturuktur tersebut sangat mempengaruhi kinerja otak kita dalam berfikir. Dalam otak kita terdapat tiga struktur yakni otak reptilian, otak mamalia dan otak berfikir.
Otak reptilia atau kata lain otak primitive yaitu otak yang membuat kita bernafas dan jantung berdegup, melawan atau lari saat menghadapi ancaman dan berorintasi pada kepemilikan, kekuasaan dan amarah.
Sementara otak mamalia atau otak limbic yaitu otak yang mengendalikan system hormone, kekebalan, seks, emosi dan bagian penting dari ingatan jangka panjang.
Sedangkan otak berfikir atau neo konkres yaitu otak yang memiliki semua kapasitas yang diperlukan untuk belajar dan mengingat apapun, asal tahu cara memanfaatkannya dan otak yang menyeimbangkan belahan otak kanan dan otak kiri, yang digunakan secara optimal. Otak kanan adalah otak yang biasa berfikir emosional, intuitif, holistic, lateral, global, musik, spasial, mencipta dan seni. Sementara otak kiri yaitu otak yang berfikir logis, rasional, sekuensial, linier, terperinci, bahasa, menulis, membaca dan matematika.

Ciri-ciri Orang Kreatif
Sekarang kita akan membicarakan ciri-ciri orang yang kreatif. Adapun ciri-cirinya orang yang kreatif adalah :
·         Punya hasrat (desire)
Keinginan yang dalam untuk mendapatkan sesuatu merupakan salah satu ciri orang yang berfikir kreatif. Ia mempunyai hasrat yang tinggi untuk mengenal dan mendapatkan sesuatu. Bagi orang yang mempunyai hasrat biasanya kalau hasratnya tidak terpenuhi akan mengalami penyesalan. Karenya hasrat seseorang sangat berpengaruh terhadap keinginan untuk mendapatkan sesuatu. Bila hasrat tidak dimiliki oleh seseorang kemungkinan besar orang tersebut tidak memiliki antusiasme untuk berfikir mencapai keinginan yang telah direncanakan. Maka mempunyai hasrat untuk mendapatkan sesuatu merupakan ciri yang harus dimiliki oleh orang yang kreatif.

·         Peka
 Peka terhadap perkembangan zaman dan kebutuhan manusia merupakan sesuatu yang mesti dimiliki oleh mereka yang ingin maju dalam hidupnya. Peka di sini berarti ia mampu mengambil peluang yang dapat dijadikan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya baik berkaitan dengan ekonomi maupun kebutuhan lain yang berkaitan dengan kemanusiaan.

oleh.Rasnal H.Bisnu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar